SMP NEGERI 1 LENDAH

Jln. Lendah Kulon, Tempel, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta

=========================================================

MENANAMAN NILAI DEMOKRASI SEJAK DINI MELALUI PEMILOS SMP N 1 LENDAH

Sabtu, 09 Oktober 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1304 Kali

Siswa SMP N 1 Lendah antusias mengikuti kegiatan pemilos daring secara serentak dengan menggunakan aplikasi pemilos yang dilaksanakan pada hari Selasa 5 Oktober 2021. Pada masa pandemi Covid 19 KPU Kabupaten Kulon Progo, bersama dengan Dinas Kominfo Kulon Progo, melakukan inovasi menyelenggarakan Pemilos serentak secara daring. pendidikan tentang kepemiluan tidak hanya diketahui oleh orang-orang yang dewasa melainkan juga diketahui oleh anak-anak sejak dini.

Bapak Suprapta, S.Pd.  selaku  Waka Kesiswaan mengungkapkan, Pemilos merupakan sarana strategi pendidikan untuk pemilih pemula sebagai Pendidikan Demokrasi dan Kepemiluan sejak dini serta agar siswa lebih dekat dengan pembelajaran dan praktik demokrasi dan kepemiluan. Pemilos dalam pelaksanaanya merupakan miniatur dari pelaksanaan Pemilu yang diselenggarakan bangsa Indonesia, Dengan harapan penanaman nilai-nilai kebangsaan bisa dipupuk sedini mungkin untuk menghasilkan generasi yang cinta akan tanah airnya, kemudian 5 tahun kedepan pemilu  tidak ada yang golput jadi semua memilih.

Aplikasi Pemilos memiliki beberapa fitur. Fitur pertama adalah fitur untuk PPO. Fitur yang dioperasikan oleh PPO atau Panitia Pemilihan OSIS ini terdiri dari aplikasi untuk input data pemilih, input peserta Pemilos, aplikasi Kampanye dan aplikasi Pemungutan Suara. Fitur lainnya adalah fitur pemilih, dimana siswa yang akan menggunakan hak suaranya harus mendaftarkan akunnya untuk bisa melihat fitur Kampanye. Selain itu mereka juga bisa fitur Pemungutan yang nantinya diaktifkan pada jadwal Pemungutan yang sudah ditentukan.

Dalam pemilihan Ketua OSIS di SMP N 1 Lendah, ada 4 kandidat yang siap bertarung untuk meraih suara terbanyak. Mereka adalah :

  1. Zulfa Arjunanda Saputa (nomor urut 1)
  2. Fathan Adi Putra (nomor urut 2)
  3. Muhammad Gilang Ramadhan (nomor urut 3)
  4. Yuna Setya Utami (nomor urut 4).

Sementara perolehan suara, Zulfa Arjunanda Saputa mengungguli tiga kandidat calon ketua osis lainya. dengan perolehan 177 suara (40,41%), sementara Fathan Adi Putra 20 suara (4,57%), Muhammad Gilang Ramadhan sebanyak 132 suara (28,24%) kemudian Yuna Setya Utami sebanyak 107 suara (24.43). Berdasarkan perolehan suara ini, maka Zulfa Arjunanda Saputa terpilih menjadi Ketua OSIS masa bakti 2021/2022. Calon terpilih ini siap menjalankan tugas sesuai komitmen dan memberi contoh yang baik. 

Kepala SMP N 1 Lendah, bapak B. Hardana,S.Pd, M.Pd, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Pemilos, Mengucapkan terimakasih atas kerja Panitia Pemilihan PPO, KPPS dari OSIS dan dan bapak ibu guru pendamping serta Wali Kelas yang telah bekerja bersama hingga Pemilos terlaksana dengan lancar, siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan dengan baik serta menghasilkan Ketua OSIS terpilih. Selamat kepada Zulfa Arjunanda Saputa, semoga dapat menjalankan program dengan baik.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mokhamad Sohin, S.Pd., M.Pd.

Selamat datang di website SMP Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apakah yang perlu ditingkatkan SMP N 1 Lendah?

LIHAT HASIL