SMP NEGERI 1 LENDAH

Jln. Lendah Kulon, Tempel, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta

=========================================================

VISITASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 LENDAH OLEH TIM ASESOR PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Rabu, 06 Nopember 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 2460 Kali

Rabu, 06 November 2019, Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah menerima visitasi dalam rangka akreditasi Perpustakaan sekolah. Tim asesor terdiri dari 2 orang yakni Dra. Endang Sri Sumartini dan Dra. R. Dewi Sundari,  yang keduanya dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Acara dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan agenda penyambutan asesor oleh kepala sekolah yang berlangsung di ruang Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Lendah. Hadir pada penyambutan ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Kulon Progo yang pada kesempatan ini diwakili Bpk. Jujur Santoso, S.Pd, M.Hum selaku Kepala Bidang Pembinaan SMP, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo Bapak Drs R Agus Santosa MA didampingi Kabid Perpustakaan Bapak Sarjana, SE. Penyambutan Tim asesor dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpusnas RI ini juga dihadiri unsur-unsur Forkopimcam Kecamatan Lendah, Kepala Sekolah dari SD dan SMP terdekat, komite sekolah dan tokoh-tokoh masyarakat.

 

Penyambutan dimulai dengan menyanyikan Lagu indonesia Raya, Mars Sekolah, Mars Literasi dan Lagu Nyiur Hijau oleh kelompok  Paduan Suara SMP Negeri 1 Lendah dan dilanjutkan kata sambutan dan presentasi oleh Kepala Sekolah Bpk. B. Hardana, S.Pd, M.Pd,.  Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyebutkan bahwa Perpustakaan merupakan fasilitas penunjang yang sangat penting, karena bisa mendorong situasi akedemik yang dinamis dan kreatif. Oleh karena itu sekolah  berkomitmen untuk terus mengembangkan Perpustakaan supaya lebih berkembang baik dari segi SDM, Layanan maupun fasilitas. Diakhir sambutannya Bapak B. Hardana, S.Pd, M.Pd. sekaligus menyampaikan presentasi profil Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang sejarah berdirinya Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah, dukungan dan komitmen sekolah, SDM yang dimiliki, beragam koleksi dan layanan-layanan yang dimiliki, serta standar pengelolaan yang dipakai. Masih dalam presentasi disampaikan pula layanan-layanan unggulan yang bisa dimanfaatkan para pemustaka serta rencana strategis perpustakaan ke depan. Dalam penutupan presentasi, disampaikan pula bahwa proses akreditasi ini merupakan salah satu usaha Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah mengembangkan Perpustakaan yang lebih maju dan professional, karena komponen-komponen yang dinilai dalam akreditasi sudah mencakup semua aspek dalam pengelolaan 

Turut memberi pidato sambutan Bpk. Jujur Santosa, S.Pd, M. Hum. Dalam sambutannya mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Kulon Progo senantiasa bekerja keras untuk mengembangkan dan memberdayakan perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah sebagai sumber pembelajaran, Dalam kesempatan ini pula Bapak Jujur Santosa, S.Pd, M.Hum mengucapkan terimakasih atas pembinaan perpustakaan sekolah yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo selama ini. 

Acara dilanjutkan visitasi ke Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah yang berada di sisi timur gedung sekolah, kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab seputar Perpustakaan SMP Negeri 1 Lendah dan proses verifikasi data. Pada proses verifikasi ini tim asesor membagi ke dalam dua  kelompok. Kelompok pertama bersama Ibu Dra. Endang Sri Sumartini memverifikasi Komponen Koleksi, Komponen sarana prasarana dan komponen Layanan perpustakaan, Sedang Kelompok kedua dengan Ibu Dra. R. Dewi Sundari memverifikasi Komponen Tenaga perpustakaan, Komponen Penyelenggaran dan pengelolaan, serta Komponen Penguat. Sedangkan pihak perpustakaan Bapak Jalaluddin, S.Pd memberi data perpustakaan dan penjelasannya kepada asesor kelompok satu dan Ibu Sri Subarmiyati, S.Pd kepada asesor kelompok dua.

Setelah visitasi dan verifikasi data berakhir pada pukul 14.20 Tim asesor menyampaikan pesan dan kesan dihadapan pengelola perpustakaan, kepala sekolah dan  jajaran pustakawan pembimbing dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Kulon Progo. Kemudian acara diakhiri dengan kata penutup dan pelepasan Tim Asesor oleh Bapak B. Hardana S.Pd, M.Pd. dengan berfoto semangat literasi bersama.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

B. Hardana, S.Pd., M.Pd.

Selamat datang di website SMP Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apakah yang perlu ditingkatkan SMP N 1 Lendah?

LIHAT HASIL